Bagi pelajar yang hendak mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi, les privat SBMPTN merupakan salah satu penunjang yang dianggap membantu. zigmaconsulting.co.id membantu siswa yang ingin masuk PTN lewat jalur ujian tulis ( UTBK ) SBMPTN.

Porsi pemantapan di sekolah yang kurang atau malah tidak ada dan penyampaian materi yang sukar dipahami adalah salah dua asalan yang mendorong para siswa mengambil sesi belajar-mengajar non-formal.

les privat sbmptn

Mempersiapkan Ujian SBMPTN dengan Les Privat SBMPTN

Anda—entah selaku pelajar atau orangtua murid—tetap perlu mempersiapkan beberapa hal bila ingin mengambil jasa les privat khusus SBMPTN, di antaranya:

Membangun Chemistry antara Siswa dan Tutor

Sebagian besar orangtua atau pelajar biasanya hanya fokus pada harga/tarif les dan mata pelajaran yang disediakan. Namun, jarang ada yang memperhatikan aspek ikatan batin atau chemistry dengan penyedia jasa les privat maupun pengajarnya.

Dalam hal ini, guru harus mampu membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan anak didiknya. Akan tetapi, jangan paksakan kalau setelah melewati beberapa sesi tidak terjadi peningkatan atau nilai ujian anak menurun. Di sisi lain, siswa yang mengikuti les privat pun jangan sampai terlalu sering mengganti guru, sementara SBMPTN semakin dekat.

 

Membekali diri dengan berbagai strategi

Pihak pengajar pastinya akan mempersiapkan berbagai strategi mengajar supaya materi-materi yang mereka sampaikan cepat dipahami anak didiknya. Bagaimana dengan pelajar sendiri? Tak ada salahnya Anda membekali dengan strategi juga, dalam hal ini menyesuaikan gaya ajar sang guru atau menyusun jadwal les privat agar tidak mempengaruhi kegiatan di sekolah.

Jangan sungkan untuk memberitahu guru materi mana saja yang perlu diprioritaskan—misalnya mata pelajaran yang ada di SBMPTN. Strategi yang baik dan terancang matang dari kedua belah pihak akan memberikan hasil optimal.

 

Menyiapkan buku-buku penunjang

Buku menjadi komponen terpenting dalam les privat SBMPTN. Selain buku-buku dari sekolah, ada pula yang diberikan dari guru les privat. Materi yang ditulis pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhan anak didik, tetapi ada perbedaan di cara penyampaian (contohnya rumus atau data yang lebih update).

Selain itu, Anda juga tak harus melulu tergantung pada buku cetak. Jika materi yang Anda atau pengajar cari tidak tersedia, unduh saja textbook gratis dalam format e-book yang disediakan sejumlah website lembaga pendidikan. Biasanya, textbook tersebut telah merangkum materi-materi yang lebih lengkap.

 

Meluangkan waktu untuk les privat persiapan SBMPTN

Seperti yang telah disinggung, les privat menyediakan fleksibilitas waktu. Akan tetapi, apa Anda mampu meluangkan waktu mengikuti sesi KBM tambahan? Apalagi para siswa yang akan menghadapi berbagai tes kelulusan biasanya mempunyai segudang aktivitas yang membuatnya sibuk sepanjang hari.

Jika Anda atau anak Anda mampu mengelola jadwal dan tidak keberatan, maka les privat dapat diambil. Di sisi lain, pertimbangkan lagi keputusan les kalau Anda atau anak Anda punya jadwal padat dan, kalau dipaksakan ikut, malah akan mengacaukan kesehatan fisik maupun mental.

 

Bersedia disiplin dan berkomitmen

Kendati sesi yang diberikan les privat tidak panjang, tetapi komitmen dan disiplin tetap dibutuhkan. Rendahnya kemauan berkomitmen maupun disiplin yang datang dari pihak orangtua atau anak tidak jarang malah membebani pengajar les privat atau sebaliknya.

Jika ini pengalaman Anda mengambil kelas les privat, pilihlah sesi yang paling pendek untuk beradaptasi. Dengan begitu, Anda maupun pengajar dapat membangun komunikasi yang baik. Bila ada peningkatan signifikan, tambahkan sesi pelan-pelan dengan pengelolaan jadwal yang tepat.

Untuk hasil yang maksimal tidak ada salahnya putra-putri anda mengikuti program les privat SBMPTN. Dengan guru yang datang ke rumah anda belajar menjadi lebih teratur dan terarah. Untuk informasi pendaftaran dan jadwal ujian UTBK silakan untuk membuka situs resmi panitia SBMPTN di SINI